Kuliah S2: Pengalaman Mendaftar di UNY

by - May 05, 2018

Halo teman2..
Kali ini aku share pengalaman aku waktu mendaftar kuliah S2 di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Aku mendaftar melalui jalur mandiri ya temang-teman. Sebenarnya gak ada cerita yang mencolok sih dari awal aku mendaftar hingga keterima, tapi gak ada salahnya untuk di share. Siapa tahu berguna buat kalian.
Pertama, aku mendaftar terlebih dahulu. Kalau tidak salah daftar awal itu cuma menyantumkan nama, email dan tanggal lahir di web penerimaan mahasiswa baru. Setelah itu, aku mendapatkan nomor pendaftaran. Nomor pendaftaran ini gunanya untuk membayar biaya pendaftaran. Waktu itu aku bayar di bank mandiri, langsung cus ke teller. Kemudian aku tunjukin no pendaftarannya dan membayar sebesar 400k. Setelah itu sesembak/sesemas teller ngasih bukti pembayaran. Dibukti pembayaran itu telah tercantum ID dan pasword login pendaftaran UNY.
Kedua, aku mulai login dengan menggunakan ID dan pasword yang ada dibukti pembayaran. Btw, dimana login nya itu nanti kalian bakal dikasih tau kok di pengumuman penerimaan mahasiswa baru. Nah kemudian aku melengkapi biodata diri dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya.
Tips ketika melengkapi data pendaftaran:
1. Siapkan foto, softfile/scan transkrip nilai, ijazah dan akreditasi prodi waktu S1. Scan yang rapi ya supaya terbaca jelas oleh pihak panitia. Kalau tidak jelas, pihak panitia berhak menolak dokumen tersebut. Jangan lupa size nya diperkecil ya.
2. Carilah rekomendator yang merekomendasikan kalian untuk melanjutkan kuliah S2. Rekomendator ini adalah orang yang memang benar-benar tahu diri kamu itu seperti apa. Hal ini juga sangat berpengaruh. Yang boleh menjadi rekomendator bisa dosen (fresh graduete) dan atasan kalian (jika sudah bekerja). Biasanya pihak panitia mensyaratkan 2 rekomendator. Kalau di UNY sendiri rekomendasi ini, kita cukup mencantumkan email dan no hp rekomendator di halaman ketika login. Kemudian pihak panitia yang akan mengkonfirmasi langsung ke rekomendator kita.
Nah setelah semua-muanya data terisi, aku memilih hari dan tempat untuk test. Kemudian Selesai. Tinggal dicetak kartu ujiannya dan menunggu hari H test
Hari H test telah tiba. Sistem test nya CBT (Computer Based Test). Mengerjakannya lewat komputer yang telah disediakan pihak panitia. Loh berarti test nya di kampusnya dong ? Iyaaap benar sekali. Waktu itu saya test di gedung limuny UNY. Semacam ruangan multimedia gitu.
Test nya terdiri dari TPA dan Bahasa Inggris. Kalau untuk TPA sendiri kayaknya gak perlu ku jelasin lagi. Yang pnting sering-sering latihan soal, pasti gampang kok. Nah kalo yang bahasa inggrisnya itu persis TOEFL, tapi kayanya emang TOEFL sih. Seperti biasa terdiri dari 3 section : listening, structure dan reading.
Test nya sudah ku jalani semua. Seminggu kemudian saatnya pengumuman. Alhamdulillah, aku diterima di pendidikan Sains. Langsung aku mendaftar ulang dan membayar biaya awal masuk perkuliahan.
Demikian sharing aku kali ini. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Kalau ada yang ingin ditanyakan silakan komen dibawah ya. Jangan lupa cantumkan nama kalian. See you gaes

Update 16/02/2019------------------------------------------------------------------------------------------------

Maaf sebelumnya untuk para pembaca. Mohon untuk tidak memberikan pertanyaan kepada saya tentang teknisi pendaftaran Pasca UNY, karena di tulisan ini saya hanya membagikan pengalaman waktu mendaftar di tahun 2017. Bisa jadi pendaftaran di tahun 2017, akan berbeda teknis nya dengan yang di tahun selanjutnya. Jadi, mohon maaf sebesar-besarnya jika ada pertanyaan yang tidak terjawab.

Solusi yang bisa saya berikan adalah kalian bisa bertanya langsung ke admin nya melalui email pmb@uny.ac.id

Semoga membantu .. Terimakasih..

You May Also Like

26 komentar

  1. halo kak, aku Bekty dari FIS UNY. Minta gambarannya dong kak, gimana TPA nya? Susah gak? Terus kakak kemarin dapat skor berapa untuk TPA nya? makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Bekty, kebetulan saya sudah lupa soalnya gimana .. Kebetulan sebelum tes, aku seringa latihan soal psikotes buat tes kerja .. Ternyata soal tes TPA UNY gk jauh beda sama yg pernah aku pelajari .. Bedanya matematikanya memang susah utk tes TPA UNY.. Terus utk skor tidak ditampilkan .. Jadi saya krg tau utk skor saya sndiri .. Semoga membantuu yaa .. Trmksh

      Delete
  2. halo kak. diatas katanya kakak "memilih hari dan tempat tes". memang kita pilih sendiri ya? bukan ditentuin langsung dari pihak uny? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo ..Kalau hari memang kita memilih sendiri .. untuk tempat tes seperti nya hanya tersedia satu gedung saja .. semoga membantu ..

      Delete
  3. Halo kak, mau tanya jadi rekomendasinya gak harus surat rekomendasinya ya brarti cuma no emailnya aja sama no hp nya aja???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo .. iyaaa .. cukup email dan no hp saja ..

      Delete
  4. Halo kak.. Kalo daftar pasca UNY, bisa pake Surat Keterangan Lulus ga? Soalnya ijazah nya belum keluar.. Dan setelah wisuda baru keluar ijazah

    ReplyDelete
  5. Halooo .. teman saya dulu juga pernah pakai SKL, namun nanti ketika sudah lolos, harus dilampirkan ijazah nya .. semoga membntu ..

    ReplyDelete
  6. Kalo pas daftar di pascasarjana uny bisa milih 2 prodi atau cuman dibatasi 1 prodi kak?

    ReplyDelete
  7. Boleh tanya, rincian biaya S2 UNY gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau angkatan saya sppnya 7,5 jt/semester .. dan itu konstan .. tp wktu awal masuk 9jt krna sisa nya buat biaya dll nya..

      Delete
    2. Halo mba, perkenalkan saya Kesya. Sebelumnya terima kasih konten tulisannya sangat informatif. Saya mau bertanya, di website UNY saya temukan bahwa kalau sudah lolos bisa bebas memilih tahun ajaran kapan untuk mulai. Nah kalau misal mulainya tahun ajaran berikutnya, biaya perkuliahan seperti UKT dll itu tetap dibayarkan langsung setelah lolos atau nanti saat akan mulai tahun ajaran kuliah ya? Terima kasih mba.

      Delete
  8. Assalamualaikun kak, mau nanya2 nih kak😊.
    Kak sekarang udah simtem CAT yah kak tes nya. Aku liat soal2 TPA UNY itu di dalem nya udah ada soal bahasa inggrisnya juga yah kak.
    Apakah itu sudah termasuk TOEFL atau nanti TOEFL nya beda sendiri kak?
    Jadi jumlah soal yg kita dikerjakan saat tes nanti ada berapa kak?dan waktunya berapa lama kak?
    Setelah tes CAT ada wawancara yah kak? yg ditanya apa aja kak?

    Terimakasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
  9. Sistem CBT ya mbak, bukan CAT .. dan itu wktu thun 2017 .. enggk tau yg skrg ..
    Saya lupa persis nya jumlah soal TPA. yg psti soal TPA dan bhs inggris itu di pisah .. ygsaya ingat bhs inggris 100 soal .. dan itu sudah termasuk toefl nya ..
    Waktunya saya lupa mbak .. dan untuk S2 gak ada wawancara .. semoga membntu ..

    ReplyDelete
  10. Mbak, kalau di UNY itu yang terbaru kok misal tes terus bisa ambil kuliah mulai 2019 atau 2020. Kalau 2020 berarti mulainya Juli/agt 2020 gitu?. Di UNY cuma 1 periode perkuliahan atau ada 2 periode mbak. Maaf merepotkan. Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Hallo kak, rekomendasiin buku TPA yang bagus dong kak, kakak kemarin belajar tpa pakai buku apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak tau buku TPA apa yg bagus, dlu saya beli di gramed, buku TPA yang biasa buat psikotes melamar kerja.. semoga membantu.

      Delete
    2. Baca buku kisah kisah nabi aja mbak

      Delete
  12. Terimakasih atas jawabannya kak, saya mau tanya lagi kak, InsyaaAllah saya akan mengikuti tes pascasarjana gelombang 1 UNY, untuk pakaiannya apakah ditentukan atau pakaian bebas rapi saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. Hallo mbak. Apakaha ada aturan khusus untuk berpakaian ketika mbak tes ?

    ReplyDelete
  14. assalamualaikum mba maaf mau nanya untuk tes wawancara itu seperti apa ya? karena sekarang ini ada tes waawancara

    ReplyDelete
  15. Pengumumannya di lihat di website? Atau kta perlu login ya ke akun pendaftaran ?

    ReplyDelete
  16. Pengumumannya di lihat di website? Atau kta perlu login ya ke akun pendaftaran ?

    ReplyDelete