Persiapan Kuliah S2

by - May 03, 2018

Hai teman-teman..
Beberapa minggu yang lalu, aku membuka voting di story instagram aku. Mungkin kalian bisa lihat sendiri dibawah.





And then, karena banyak yang minta aku sharing, aku bakal cerita banyak tentang kuliah S2 tapi mungkin dibagi dalam beberapa part.


Diterima kuliah itu bukan suatu akhir perjuangan, namun awal dari perjuangan. Oleh karena itu, kalian perlu menyiapkan secara lahir dan batin untuk menjalaninya. Disini saya akan sharing 4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Melanjutkan Kuliah S2.

1. Niat
Ketika kita mengawali suatu kegiatan yang dilandasi dengan niat, Insyaallah aral melintang dihadapan pasti akan terlampaui. Niat ini sangat penting. Kata orang kuliah S2 itu sulit, tapi bagi kalian yang niat maka kesulitan itu akan menjadi suatu KENIKMATAN. Percaya kan setiap ada kesulitan, pasti akan kemudahan. Jika kalian niat, maka disitulah terbuka jalan walau sesulit apapun.

2. Referensi Kampus
Sebelum kalian mendaftarkan diri untuk kuliah S2, kalian harus cari referensi kampus mana yang cocok dengan minat kalian. Saya sarankan carilah jurusan/program studi yang satu linier dengan pendidikan terakhir S1 kalian. Mengapa? Kalau kalian nantinya menjadi Dosen, kelinieran itu akan dipertimbangkan.

3. Letak Wilayah Kampus
Letak wilayah kampus juga perlu untuk dipertimbangkan bagi mahasiswa yang ingin nge-kost. Carilah wilayah kampus yang ramah mahasiswa. Mengapa? Biaya S2 itu tidak sedikit, setidaknya kita juga harus menghemat kebutuhan hidup seperti biaya transportasi, biaya kost-kostan, makan, pokoknya kehidupan sehari-hari. Namun bagi kalian yang tidak masalah dengan biaya, kalian bisa skip ini.

4. Finansial
Kalian juga harus menyiapkan biaya kuliah. Ada dua cara untuk mendapatkan biaya kuliah yaitu beasiswa dan mandiri. Untuk beasiswa sendiri pemerintah sudah memfasilitasi beasiswa LPDP bagi siswa yang berkompeten untuk melanjutkan S2. Untuk biaya mandiri kalian bisa menggunakan uang kalian sendiri/orang tua/suami(hehehe).

Nah sekarang kalian sudah tau kan apa saja yang perlu kalian persiapkan sebelum mendaftar kuliah S2. Nanti di tulisan aku selanjutnya aku akan cerita bagaimana perkuliahan di S2 itu. See You Gaes.  


You May Also Like

1 komentar

  1. Mbak mau tanya, kalau S2 UNY periodenya ada 1 atau 2?

    ReplyDelete